• 16-18 October 2019
  • JI-Expo, Kemayoran

Permudah Operasional Bisnis, Layanan ‘Fulfillment by Lazada’ Sediakan Jasa Retur hingga Kirim Barang

Kiri ke kanan: Guntur Wasiso Head of Surabaya Warehouse Lazada Indonesia, Michael Willy Roosevelt VP Business Transformation Lazada Indonesia dan Haikal Bekti Anggoro SVP Traffic Operations Lazada Indonesia saat ditemui TribunJatim.com di Warehouse Lazada Sidoarjo, Minggu (17/11/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lazada, situs jualan dan belanja online menghadirkan Fulfillment by Lazada (FBL) di Warehouse Lazada.

Fulfillment by Lazada (FBL) merupakan layanan manajemen logistik untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola operasional bisnis.

Michael Willy Roosevelt, VP Business Transformation Lazada Indonesia menjelaskan, layanan manajemen logistik tersebut mencakup jasa penyediaan ambil barang dari tempat seller, penyediaan gudang penyimpanan barang seller hingga pengemasan barang untuk seller.

"Selain itu, ada pula jasa pengiriman barang ke pelanggan lewan rekan logistik Lazada dan melayani retur barang dari pelanggan ke gudang Lazada," katanya di Warehouse Sidoarjo, Minggu (17/11/2019)

Menurut Michael, layanan tersebut bisa dimanfaatkan UKM karena tidak perlu bingung lagi dalam hal logistik.

"Ini cocok untuk UKM karena mereka tidak perlu lagi bingung ngurus packing barang, pengiriman, dan sebagainya. Mereka hanya duduk manis saja fokus memikirkan strategi penjualan tanpa harus ribet ngurus operasional," katanya.

Hanya saja, kata Michael, saat ini layanan manajemen logistik Lazada tersebut belum banyak dimanfaatkan pelaku UKM.

Sebab, mindset pelaku UKM masih selalu berpikir bahwa biaya charge  untuk masuk ke gudang Lazada mahal.

”Memang untuk setiap orderan yang menggunakan FBL selalu kena charge. Padahal jika para seller itu tidak memakai FBL, mereka juga sebenarnya mengeluarkan biaya yang mungkin lebih mahal untuk pegawai, lalu harus beli perlengkapan sendiri untuk packing barang, udah gitu repot nungguin driver jemput barang. Itu kan sebenernya cost juga,” jelasnya.

Michael mengatakan, warehouse Lazada Sidoarjo mampu mengelola pesanan hingga 70 ribu unit setiap harinya dari beragam kategori.

Dari 70 ribu unit tersebut mayoritas merupakan produk kesehatan, kecantikan, kebutuhan ibu dan anak, hingga fashion.

”Kami tidak akan berhenti untuk selalu mengedukasi para pelaku UKM agar mau join ke warehouse Lazada. Target kami bisa menggaet UKM sebanyak-banyaknya,” tutup Michael.

Source : https://jatim.tribunnews.com/2019/11/17/permudahoperasional-bisnis-layanan-fulfillment-by-lazada-sediakan-jasa-retur-hingga-kirim-barang


Open chat